Senin, 20 Maret 2017

Mengatasi Masalah Peternak Bebek Atau Itik Pada Umumnya



Dalam dunia peternakan tentunya akan kita hadapi permasalahan praktis yang selalu bermunculan, walaupun masalah yang dihadapi terkadang tampak sepele, ringan dan gampang untuk ditangani, Nah ! bagaimana kalau masalah yang datang tampak besar, rumit dan bahkan beresiko mengalami kerugian.
Untuk itu Anda sebagai peternak dituntut untuk selalu belajar dan mencari info dalam mengatasi semua permasalahan yang akan dihadapi. Dalam mencari kiat permasalahan khususnya dalam dunia perbebekan yang memang belum ada standar yang pasti  dalam pemeliharaan dapat dilakukan dengan berbagai cara. Diantaranya bisa dengan mencoba sendiri,  dengan bertanya kepada peternak yang sudah berpengalaman,  dengan bertanya pada para praktisi, dengan mencari rujukan kepada berbagai media buku peternakan dan media masa tentang peternakan, dan juga dengan membuka berbagai situs internet yang membahas tentang seputaran dunia unggas perbebekan atau itik.

Permasalahan Yang Sering Dihadapi :

1. Pemeliharaan masih tradisional
Pemeliharaan secara tradisional memerlukan lahan yang luas, itik yang diumbar (diangon) berpotensi mengganggu tanaman pertanian yang baru ditanam, membutuhkan tenaga kerja untuk pengembalaan, serta tingginya risiko itik terkontaminasi pestisida.
2. Sulitnya mencari bibit unggul
Pemilihan bibit yang unggul akan menghasilkan telur yang baik dalam jumlah yang banyak. Dengan itik pejantan yang unggul satu ekor itik betina dapat bertelur antara 250 sampai 300 butir telur per tahun
3. pengetahuan peternak masih rendah.
Masih rendahnya pengetahuan peternak, sehingga mereka hanya mengenal pemeliharaan itik menggunakan cara tradisional
4. Mahalnya biaya pakan.
Bahan pakan untuk itik sangat sangat tergantung musim, ditambah dengan pemberian pakan kepada itik yang harus intensif sehingga biaya untuk pakan itik cukup mahal
5. Penyakit.
Penyakit itik pada dasarnya yaitu :
  • Strees (Cekaman)
    Penyakit ini biasanya disebabkan oleh ; kebisingan, kurang kebebasan bermain dekat air, berpindah tempat, pertukaran pakan dan lain – lain.
  • Kekurangan (defisiensi) Vitamin A
    Itik akan tampak selalu mengantuk, kondisi kaki lemah, mata tertimbun lendir warna putih dan mudah terkena infeksi.

Solusi Permasalahan Untuk Peternak Bebek Atau Itik

Untuk mengatasi semua hal yang sudah dibahas diatas, pada intinya peternak dituntut mengikuti perkembangan teknologi peternakan yang semakin maju baik itu dari Teknis Budidaya Bebek yang betul dan Penggunaan Teknologi Produk yang mampu mengatasi permasalahan penyakit serta mampu meningkatkan Produksi Telur Bebek dengan Kualitas dan Kuantitas serta berkelanjutan.
Demikian artikel yang dapat kami sampaikan. Semoga Bermanfaat dan Bisa Menjadikan Peternak Bebek Semakin Maju.

Salam Sukses Selalu…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan untuk dibagikan kepada teman, saudara dan tetangga anda yang membutuhkan informasi dari kami