Senin, 20 Maret 2017

Cara Membuat Kandang Kelinci Yang Baik



Kelinci termasuk hewan yang menyukai kebersihan, oleh karena itu sistem perkandangan kelinci harus didesain dengan bagus. Hal ini harus diperhatikan karena bila kotoran tersebut tidak bisa keluar kandang dan terus menumpuk maka akan menimbulkan aroma bau dan pastinya menjadi sumber bakteri yang bisa membahayakan kesehatan kelinci. Selain itu tingkat kenyamanan kandang kelinci juga harus diperhatikan seperti sirkulasi udara yang baik supaya dalam kandangnya tidak pengap sehingga kelinci tidak mudah stres.

Tips Membuat Kandang Kelinci Yang Baik

kandang-kelinci-lapaknasa  kandang-kelinci-dari-kayu-dan-kawat-lapaknasa
  • Bentuk Kandang

Kandang dapat dibuat dengan bentuk bersusun, namun tepat dibawah kandang harus terdapat jarak sebagai tempat kotorannya nanti karena apabila tidak ada akan mengakibatkan kotoran kelinci diatasnya akan jatuh tepat pada kelinci dibawahnya dan itu akan berakibat berbagai hal seperti kelinci akan terkena bakteri jahat saat lembab, pada jarak kandang tersebut bisa dibuatkan tempat khusus untuk menampung kotoran sementara sebelum dipindahkan. Selain itu kandang juga harus terdapat sirkulasi udara yang cukup supaya kelinci nyaman berada didalamnya.
  • Ukuran Kandang

Apabila kalian memiliki area yang cukup luas maka sebaiknya buatlah kandang yang lebar agar kelinci nyaman dan menghindari kelembapan, namun apabila area yang akan digunakan untuk kandang tidak luas maka bisa membuat kandang dengan luas yang minim, walaupun hal ini tidak baik untuk kelinci, namun walaupun minimum tetap harus diperhatikan ukuran lebarnya, paling tidak 4 kali ukuran besar kelinci.
  • Alas Kandang

Alas kandang sebaiknya dibuat dengan bahan yang kuat supaya tidak bergoyang saat terinjak kelinci, selain itu apabila alas tersebut terdapat celah maka sebaiknya tidak terlalu lebar atau sempit karena untuk menghindarkan kelinci dari kejepit, dimasuki tikus dan yang lainnya. Alas juga sebaiknya bisa dicopot supaya mudah apabila akan membersihkannya.
  • Tinggi Kandang

Untuk tingginya sendiri sebaiknya jangan terlalu pendek sebab salah satu kesehatan kelinci ditentukan saat seringnya berdiri, maka tinggi kandang bisa ditentukan dengan ukuran panjang kelinci yang akan ditaruh didalamnya, semisal kelinci dengan panjang 50 cm maka bisa dibuat kandang dengan kelinci 60 cm.
  • Jarak Kandang

Jarak antara kandang dengan tanah diusahakan minimal 30 cm agar kelinci jauh dari kotoran sehingga dapat meminimalisir kelinci terserang bakteri yang bisa membuatnya sakit.
  • Penempatan Kandang

Kandang bisa ditempatkan pada tempat teduh namun masih terjangkau sinar matahari, apalagi sinar matahari pada pagi hari sekitar pukul 6 sampai 8 yang sangat penting untuk kesehatan kelinci, jadi usahakan sinar matahari pagi dapat masuk dalam kandang.
Demikianlah tips kandang kelinci yang mungkin bisa menjadi acuan untuk Budidaya kelinci, semoga tips ini dapat berguna dan bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan untuk dibagikan kepada teman, saudara dan tetangga anda yang membutuhkan informasi dari kami