Senin, 20 Maret 2017

Membuat Pakan Fermentasi Jerami Dengan Tangguh Nasa



Cara Pembuatan Pakan Ternak dengan Probiotik Tangguh sangat praktis dan mudah dan bisa langsung diberikan ke Ternak. Caranya cukup mudah, pertama siapkan pakannya selanjutnya buat campuran air dengan komposisi 5 liter air + 1tutup Tangguh Probiotik + 1 tutup Viterna Plus lalu semprot atau cipratkan campuran Tangguh Probiotik Pakan Ternak dan Viterna Plus pada pakan Ternak. Dan pakan siap disajikan.

Cara Pembuatan Pakan Ternak Dengan Jerami :

A. Bahan / media
  1. Jerami padi yang sudah kering sebanyak 1 ton (sebaiknya dipotong-potong lebih duluantara 10-20 cm, karena pada dasarnya hewan ruminansia lebih suka dengan rumput yang pendek).
  2. Tangguh NASA : 2 botol ( 2 liter ) untuk 1 ton jerami.
  3. Molase ( tetes tebu ) : 0.2 % dari total berat atau 2 liter untuk 2 ton bahan pakan, apabila tidak ada molase bisa diganti dengan gula pasir sebanyak 1 kg atau gula merah.
  4. Air secukupnya.
  5. Terpal / plastik lembaran yang kuat untuk memeram jerami.
  6. Ember plastik.
  7. Gembor atau alat penyiram air.
B. Cara Membuat Fermentasi :
  1. Siapkan Jerami,  galaran untuk alas, siapkan air, siapkan PROBIOTIK TANGGUH, Siapkan Bekatul dan tempat untuk proses fermentasi yaitu bisa dengan terpal atau tempat lain yang dapat ditutup rapat.
  2. Tumpuk atau susun jerami kering sampai kira-kira ketebalan 20-30cm, kemudian siram dengan air yang sudah dicampur PROBIOTIK TANGGUH (takaran 5 tutup / 15 liter air) sampai kira-kira kadar air 60%, taburi bekatul di atas tumpukan jerami secara halus dan merata, tumpuk lagi jerami di lapisan atasnya dan perlakukan sama dengan perlakuan sebelumnya.  Demikian seterusnya sampai pada ketinggian tumpukan jerami sesuai yang dikehendaki. Langkah selanjutnya tutup rapat tumpukan jerami tersebut 1-3 hari. Setelah itu tumpukan jerami yang  ditutup selanjutnya dibuka dan diangin-anginkan sebentar agar dingin sebelum diberikan untuk pakan ternak. Simpan di tempat yang teduh (terhindar dari sinar matahari dan air hujan) untuk persediaan pakan  ternak sampai dengan berbulan-bulan.
Kelebihan :
Proses fermentasi jerami padi dengan PROBIOTIK TANGGUH hanya memerlukan waktu 1 x 24 jam sehingga tidak repot menunggu terlalu lama untuk pemberian pakan ternaknya.
Catatan:
  • Untuk 5 tutup botol PROBIOTIK TANGGUH (dengan pencampuran air 15-45 liter air) dapat digunakan memfermentasi jerami kurang lebih 1,5 kwintal.
  • Jika sebelumnya ternak belum pernah di berikan produk Nasa, agar ternak ber-selera memakan pakan hasil fermentasi tersebut, ada baiknya sebelum di berikan pakan fermentasi ternak di berikan Viterna dengan Dosis 2 cc per ekor. Cara pemberian bisa dengan menggunakan spet (suntikan ternak tapi di ambil jarumnya) lalu sedot Viterna sebanyak 2 cc dan masukan ke mulut ternak agar terminum habis.

Dengan menggunakan Viterna dan Probiotik Tangguh tersebut, maka nafsu makan ternak akan meningkat sehingga akan mempercepat pertumbuhan ternak dan mengurangi bau kotoran ternak. Cara tersebut telah banyak di praktekkan para peternak kambing dan sapi yang kebanyakan mereka selain beternak juga memiliki kesibukan lain, jadi dengan adanya alternatif pakan fermentasi menggunakan produk Nasa tersebut, merekan tetap bisa menjalankan peternakan dan juga melakukan aktifitas lain sehari-hari tanpa harus di sibukkan mencari rumput atau menggembala ternak. Kerena proses pembuatan pakan fermentasi tersebut sangat sederhana dan tidak memakan waktu lama.
Demikian beberapa manfaat produk Nasa untuk pembuatan pakan Fermantasi, dan perlu digaris bawahi bahwa hasil dari pakan fermentasi tersebut tidak kalah dengan pakan yang biasanya (rumput hijau atau yang lainnya).
Semoga bermanfaat dan sukses para peternak Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan untuk dibagikan kepada teman, saudara dan tetangga anda yang membutuhkan informasi dari kami